Apa itu Pengetahuan Cerita Rakyat Madura

Apa itu Pengetahuan Cerita Rakyat Madura. Pengkajian dan studi cerita Rakyat Madura paling penting untuk penduduk Indonesia terutama warga Madura, agar mengingat kembali satu diantara kekayaan Bangsa Indonesia ialah cerita rakyat Madura agar bisa dilestarikan dan diperkenal terhadap banyak angkatan muda, utamanya angkatan muda Madura.

Dalam Blog Arudam disebutkan bahwa cerita rakyat Madura tumbuh berkembang bersama dengan pengucapnya. Jaman dulu, cerita rakyat Madura memperoleh tempat terhormat di hati pemiliknya lantaran cerita rakyat adalah media primer dalam mewarisi nilai-nilai baik Bangsa Madura dan tuntunan-ajaran moralnya.

Dalam cerita rakyat, ada empat peran kredibilitas, yakni manfaat pengajaran, tempat pelarian diri dari beberapa batasan budaya yang berterima, menjaga identitas budaya, serta validasi etika-etika budaya yang ada. Karena itu, cerita rakyat adalah satu diantara sistem penting dalam membela kestabilan kebudayaan.

See also  Sekelebat Konotasi tentang Mesin Cuci

Akan halnya type tuntunan mental yang diterangkan meliputi semuanya spektrum kehidupan Orang Madura. Dia yakni cerminan dari kehidupan penduduk Madura serta diberikan dengan kualitas terpilih buat membahagiakan pendengarnya.

Sayang dengan makin maju serta berubahnya zaman, angkatan Madura saat ini mulai lupakan cerita rakyat mereka sendiri. Ini bisa ditunjukkan dari jumlahnya dari mereka yang terasa asing dengan beberapa nama figur legendaris seperti Pangeran Segara, Ki Poleng, Bendoro Tumenggung, Jokotole, Adipoday, Adirasa, Dewi Retnadi, Ke’ Lesap, serta beberapa tokoh legendaris yang lain.

Meringkasun pula berkesan kurang mengerti perihal asal-muasal nama kampung mereka dan sejumlah cerita lain berkaitan desa halaman mereka. Meski sebenarnya, pengetahuan akan asal mula desa halaman amatlah penting untuk membela budaya kakek-moyang mereka

See also  Apakah itu Pengenalan tentang Artefak

Biarpun pengamatan perihal cerita Rakyat Madura ini udah seringkali dilaksanakan, tetapi penilaian secara dalam buat mengeduk lebih jauh terkait metamorphosis cerita rakyat orang Madura bersama segi yang bersamanya, jarang-jarang dikerjakan.

Pengamatan yang mengaplikasikan pendekatan fungsionalisme yang memiliki arti kalau dalam legenda atau cerita rakyat, ada suatu hal yang mau ditanyakan atau dikatakan pada suatu lapisan masyarakat. Karena cerita rakyat sebuah langkah untuk menyampaikan nilai-nilai serta memberitahukannya ke kalangan masyarakat.

 

Apa itu Pengetahuan Cerita Rakyat Madura.

Leave a Comment